Blog Berita & Cerita | Mutasi Kerja | Peluang Usaha

Cara Mutasi PNS antar Wilayah. (bag 3)

www.cithika.com

Selamat malam sobat semuanya. Lama banget rasanya tidak update di blog ini. Yah karena ada kesibukan saya yang lain, sehingga blog ini terbengkalai selama beberapa bulan lamanya. Kini saya akan melanjutkan postingan tentang Cara Mutasi PNS antar Kabupaten-Provinsi.

Ini adalah kelanjutan dari postingan saya Prosedur mutasi PNS antar Provinsi-Wilayah bag 1. dan postingan kelanjutan yang berjudul Prosedur mutasi PNS antar Provinsi-Wilayah bag 2


Inilah kelanjutannya:
Pada postingan yang sebelumnya di jelaskan bahwa sudah mendapatkan surat persetujuan dari Bupati di Jawa Timur. Surat jawaban dari Bupati Jawa Timur sekitar 6 amplop (jumlah kadang tidak sama). Surat ini di tujukan ke Bupati B (jawa tengah), BKN yogyakarta, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Jawa Timur,  BKD (jawa tengah), dan BKD (jawa timur).

Kemudian langkah selanjutnya adalah membawa surat persetujuan dari Bupati (jawa timur) tersebut ke Gubernur. Untuk tahap ini biasanya sudah di uruskan oleh BKD setempat (jawa timur). kira kira kita akan menunggu sekitar satu minggu untuk mendapatkan surat balasan dari Gubernur jawa timur. 

Surat balasan dari Gubernur jawa timur ini nanti bejumlah sekitar 4-5 berkas. kelima berkas ini isinya sama. hanya alamat tujuan (kepada) yang berbeda. Nanti akan kita berikan ke Bupati masing masing, kepala BKD, dan sebagainya.

Setelah itu surat kita bawa ke BKD di semarang, dekat simpang lima kalau tidak salah. Setelah menunggu selama sekitar 1 mingguan (biasanya) maka kita akan mendapatkan balasan juga. Surat balasan ini kita bawa ke BKN Yogyakarta untuk minta penerbitan SK BKN. Di BKN tidak akan menunggu lama. Hanya 1 hari, dengan catatan bahwa pejabat yang berwenang menanda tangani ada di tempat. Inilah surat inti kepindahan kita.

Surat Keputusan dari BKN Yogyakarta ( Tujuan pindah) inilah yang merupakan SK kita. nantinya. dalam surat tersebut di cantumkan tentang gaji pokok kita, mulai bekerja ditempat baru, dan lain lain. Kemudian surat ini kita berikan ke BKD tempat kita akan pindah (mutasi). Sebagian lagi kita berikan ke Kab yang akan kita tinggalkan. Selamat!! Jika anda telah melewati tahapan ini hampir di pastikan bahwa 100% proses mutasi anda sudah final. Sekarang tinggal mengurus administrasi seperti proses pindah gaji, tunjangan fungsional dan lain lain.

Baca juga: 
9 Komentar untuk "Cara Mutasi PNS antar Wilayah. (bag 3)"

artikelnya sangat bagus mas sangat membantu... mas saya PNS dari Instansi Pusat, ingin mengajukan pindah ke instansi daerah, mas saya bisa minta tolong dikirim ke email saya contoh permohonan pribadi untuk mendapatkan rekomendasi/lolos butuh dari instansi yang dituju dan contoh surat/berkas lainnya. Apabila berkenan bisa tolong dikirim ke email saya : yudhawijaksana@gmail.com. terima kasih

Terimakasih telah mau berkunjung..
Contoh permohonan mutasi dalam format Word sudah saya kirimkan ke alamat di atas.

mas untuk mengurus di bkd jatim nemuain pak siapa ya mas dan butuh waktu berapa lama?

Maksudnya gimana ni.?
Kalo masalah nemuin siapa, temuin aja pejabat yg bertugas di tmpt anda tersebut, sesuai tugas pokok dan fungsi nya.
Silahkn baca ulang tata urutan mutasi lagi.

untuk mengurus surat berkas mutasi dke gubernur daerah tujuan mas?sy kan di NTT,,kantornya bkd jatim di jemur andayani ya mas?biasanya berapa lama mengurusnya mas?

semoga allah SWT tuhan yang maha kuasa memberikan kemudahan serta kesehatan kepada mas Hagus Wiyono.
terima kasih mas, artikelnya bagus sekali dan buat kita serta saudara-saudari semua yang membaca artikel ini untuk mencari informasi tentang mutasi semoga dibrikan kemudahan serta kelancaran oleh Tuhan Yang Meaha Esa dalam proses mutasinya. insya allah tuhan bersama kita. Amin

Aamin..Aamiin Yaa Rabbal Alamin
Terimakasih atas doanya

Assalamualaikum.. Saya Frandhica guru SD di Kec. Taman Kab. Sidoarjo, punya keinginan mutasi ke Kab./Kota Malang. Bagi yang ingin tukar monggo hubungi 085233682301. terimakasih

kalau berkenan, mohon saya dikirim via email format/ berkas suratnya mas.. frandhicawahyuardhianto@gmail.com

Waalaikumsalam. Sudah saya kirimkan mas.

Terimakasih telah berkunjung ke Cithka.
Bagi teman teman yang menginginkan file mutasi, mohon dukungan baliknya untuk FOLLOW blog ini.

Back To Top