Blog Berita & Cerita | Mutasi Kerja | Peluang Usaha

Foto Profil dan Biodata Joko Widodo (Jokowi)

www.cithika.com

Joko Widodo atau lebih dikenal dengan nama Jokowi adalah seorang putera Desa yang kini namanya telah melesat cepat. Menjadi perbincangan tingkat Nasional, bahkan hingga mendunia. Bahkan kisah Jokowi juga diangkat dalam film layar lebar dan sudah di tayangkan. Saya pribadi ikut merasakan era kepemimpinan Jokowi sewaktu memimpin Solo, kala itu saya masih bekerja di kota Solo. Hingga akhirnya sewaktu saya pindah kerja di suatu daerah di Jawa Timur, nama Jokowi tetap banyak yang memuji muji sebagai tokoh yang Pro Rakyat, bersahaja dan apa adanya, lepas dari partai apa Jokowi berasal.

Jokowi atau lengkapnya Ir. Joko Widodo dilahir di Solo, 21 Juni 1961 saat ini adalah Gubernur DKI Jakarta, terhitung mulai tgl 15 Okt 2012. Sebagai gubernur ke-17 yg memimpin ibu kota Indonesia. Sebelumnya, Jokowi menjabat Walikota Surakarta (Solo) selama dua periode, 2005-2010 dan 2010-2015, baru 2 tahun menjalani periode keduanya, ia mendapat amanat dari warga Jakarta untuk memimpin Ibukota Negara. Waktu menjabat Walikota Solo, didampingi F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil. Keduanya dicalonkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Yang mungkin ingin anda ketahui tentang Jokowi:

Masa kecil
Joko Widodo lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo. Dengan kesulitan hidup yang dialami, ia terpaksa berdagang, mengojek payung, dan jadi kuli panggul untuk mencari sendiri keperluan sekolah dan uang jajan. Saat anak-anak lain ke sekolah dengan sepeda, ia memilih untuk tetap berjalan kaki. Mewarisi keahlian bertukang kayu dari ayahnya, ia mulai pekerjaan menggergaji di umur 12 tahun. Penggusuran yang dialaminya sebanyak tiga kali di masa kecil mempengaruhi cara berpikirnya dan kepemimpinannya kelak setelah menjadi Walikota Surakarta saat harus menertibkan pemukiman warga.

Masa kuliah dan berwirausaha
Dengan performa akademis yang dimiliki, ia diterima di Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Kesempatan ini dimanfaatkannya untuk belajar struktur kayu, pemanfaatan, dan teknologinya. Selepas kuliah, ia bekerja di BUMN, namun tak lama memutuskan keluar dan memulai usaha dengan menjaminkan rumah kecil satu-satunya, dan akhirnya berkembang sehingga membawanya bertemu Micl Romaknan, yang akhirnya memberinya panggilan yang populer hingga kini, Jokowi. Dengan kejujuran dan kerja kerasnya, ia mendapat kepercayaan dan bisa berkeliling Eropa yang membuka matanya. Pengaturan kota yang baik di Eropa menjadi inspirasinya untuk diterapkan di Solo dan menginspirasinya untuk memasuki dunia politik. Ia ingin menerapkan kepemimpinan manusiawi dan mewujudkan kota yang bersahabat untuk penghuninya.

Karier politik
Wali Kota Surakarta
Dengan berbagai pengalaman di masa muda, ia mengembangkan Solo yang buruk penataannya dan berbagai penolakan masyarakat untuk ditertibkan. Di bawah kepemimpinannya, Solo mengalami perubahan dan menjadi kajian di universitas luar negeri.

Rebranding Solo
Branding untuk kota Solo dilakukan dengan menyetujui slogan Kota Solo yaitu "Solo: The Spirit of Java". Langkah yang dilakukannya cukup progresif untuk ukuran kota-kota di Jawa: ia mampu merelokasi pedagang barang bekas di Taman Banjarsari hampir tanpa gejolak untuk merevitalisasi fungsi lahan hijau terbuka, memberi syarat pada investor untuk mau memikirkan kepentingan publik, melakukan komunikasi langsung rutin dan terbuka (disiarkan oleh televisi lokal) dengan masyarakat. Taman Balekambang, yang terlantar semenjak ditinggalkan oleh pengelolanya, dijadikannya taman. Jokowi juga tak segan menampik investor yang tidak setuju dengan prinsip kepemimpinannya. Sebagai tindak lanjut branding ia mengajukan Surakarta untuk menjadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia dan diterima pada tahun 2006. Langkahnya berlanjut dengan keberhasilan Surakarta menjadi tuan rumah Konferensi organisasi tersebut pada bulan Oktober 2008 ini. Pada tahun 2007 Surakarta juga telah menjadi tuan rumah Festival Musik Dunia (FMD)  ang diadakan di kompleks Benteng Vastenburg yang terancam digusur untuk dijadikan pusat bisnis dan perbelanjaan. FMD pada tahun 2008 diselenggarakan di komplek Istana Mangkunegaran.

Mendamaikan Keraton Surakarta
Pada tanggal 11 Juni 2004, Paku Buwono XII wafat tanpa sempat menunjuk permaisuri maupun putera mahkota, sehingga terjadi pertentangan antara kedua putranya, Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Susuhunan (SDISKS) Paku Buwono XIII dan Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Panembahan Agung Tedjowulan. Selama tujuh tahun ada dua raja yang ditunjuk oleh kedua pihak di dalam satu Keraton. Konflik ini akhirnya mendorong campur tangan pemerintah Republik Indonesia dengan menawarkan dualisme kepemimpinan, dengan Paku Buwono XIII sebagai Raja dan KGPH Panembahan Agung Tedjowulan sebagai wakil atau Mahapatih. Penandatanganan kesepahaman ini didukung oleh empat perwakilan menteri, yaitu Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Pekerjaan Umum serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Namun konflik belum selesai karena beberapa keluarga keraton masih menolak penyatuan ini. Puncaknya adalah penolakan atas Raja dan Mahapatih untuk memasuki Keraton pada tanggal 25 Mei 2012. Keduanya dicegat di pintu utama Keraton di Korikamandoengan. Jokowi akhirnya berperan menyatukan kembali perpecahan ini setelah delapan bulan menemui satu per satu pihak keraton yang terlibat dalam pertentangan. Pada tanggal 4 Juni 2012 akhirnya Ketua DPR Marzuki Alie menyatakan berakhirnya konflik Keraton Surakarta yang didukung oleh pernyataan kesediaan melepas gelar oleh Panembahan Agung Tedjowulan, serta kesiapan kedua keluarga untuk melakukan rekonsiliasi.

Gubernur DKI Jakarta
Jokowi waktu itu secara pribadi diminta oleh Jusuf Kalla utk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub DKI tahun 2012. Karena merupakan kader PDI Perjuangan, maka Jusuf Kalla meminta dukungan dari Megawati Soekarnoputri, yang awalnya terlihat masih ragu. Sementara itu Prabowo Subianto juga melobi PDI Perjuangan agar bersedia mendukung Jokowi sebagai calon gubernur karena membutuhkan 9 kursi lagi untuk bisa mengajukan Calon Gubernur. 

Pada saat itu, PDI Perjuangan hampir memilih untuk mendukung Fauzi Bowo, sedangkan Jokowi sendiri hampir menolak dicalonkan. Sebagai wakil, Basuki T Purnama yg waktu itu menjadi anggota DPR dicalonkan mendampingi Jokowi dgn pindah ke Gerindra karena Golkar telah sepakat mendukung Alex Noerdin sebagai Calon Gubernur. Pasangan ini awalnya tidak diunggulkan. Hingga akhirnya kenyaataan dan takdir berkehendak lain, dengan terpilinya Jokowi-Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta yangke-17.

Biodata Jokowi :

Biodata
Nama: Ir.H. Joko Widodo (Jokowi)
Tempat/tanggal lahir:  Surakarta, 21 Juni 1961
Nama Isteri: Iriana

Nama Anak:
  1. Gibran Rakabuming (25), lulusan Universitas di Australia dan Singapura
  2. Kahiyang Ayu (21), mahasiswi Universitas Negeri Sebelas Maret
  3. Kaesang Pangarep (17), pelajar di Singapura
Pendidikan:
  • SDN 111 Tirtoyoso, Surakarta
  • SMPN 1 Surakarta
  • SMAN 6 Surakarta
  • S1 Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada Yogyakarta  (lulus tahun 1985)

Penghargaan :
Penghargaan Personal
  • Terpilih sebagai Wali Kota teladan dari Kementerian Dalam Negeri 2011
  • Meraih Bung Hatta Anticorruption Award di tahun 2010
  • Meraih penghargaan Charta Politica Award di tahun 2011
  • 10 Tokoh di Tahun 2008 diberikan oleh Majalah Tempo
  • Mendapatkan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta Award
Prestasi Kota Solo di bawah Kepemimpinan Pak Jokowi
  • Mendapatkan Piala dan Piagam Citra Bhakti Abdi Negara dari Presiden Republik Indonesia, untuk kinerja kota dalam penyediaan sarana Pelayanan Publik, Kebijakan Deregulasi, Penegakan Disiplin dan Pengembangan Manajemen Pelayanan di tahun 2009
  • Solo sebagai kota dengan Tata Ruang Terbaik ke-2 di Indonesia
  • Mendapatkan Penghargaan dari Departemen Keuangan berupa dana hibah sebesar 19,2 miliar untuk pelaksanaan pengelolaan keuangan yang baik di tahun 2009
  • Mendapatkan Piala Citra Bidang Pelayanan Prima Tingkat Nasional oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia di tahun 2009
  • Mendapatkan Indonesia Tourism Award tahun 2009 dalam Kategori “Indonesia Best Destination” dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RIbekerjasama dengan majalah SWA.
  • Mendapatkan Penghargaan dari UNICEF untuk Program Perlindungan Anak di tahun 2006
  • Mendapatkan Grand Award Layanan Publik Bidang Pendidikan di tahun 2009
  • Penghargaan Kota Solo sebagai inkubator bisnis dan teknologi di tahun 2010) dari Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI)
  • Mendapatkan Penghargaan Manggala Karya Bhakti Husada Arutala dari DepKes di tahun 2009
  • Mendapatkan 5 kali berturut-turut Anugerah Wahana Tata Nugraha di tahun 2006-2011 yaitu Penghargaan Tata Tertib Lalu Lintas dan Angkutan Umum
  • Pemerintah Kota Solo meraih penghargaan kota/kabupaten pengembang UMKM terbaik versi Universitas Negeri Sebelas Maret alias UNS SME’s Awards di tahun 2012
  • Menjadi Kota Terfavorit Wisatawan 2010 dalam Indonesia Tourism Award 2010 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata
  • Mendapatkan Penghargaan Langit Biru di tahun 2011 dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk kategori Kota dengan kualitas udara terbersih
  • Mendapatkan Penghargaan dari Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono sebagai salah satu kota terbaik penyelenggara program pengembangan mewujudkan Kota Layak Anak (KLA) di tahun 2011.
  • Mendapatkan Penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudoyono dalam bidang Pelopor Inovasi Pelayanan Prima di tahun 2010

Foto-foto Joko Widodo (Jokowi)  

www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com


www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com
 
www.cithika.com


www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com


www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com

www.cithika.com
Tag : Biodata, Profil
0 Komentar untuk "Foto Profil dan Biodata Joko Widodo (Jokowi)"

Terimakasih telah berkunjung ke Cithka.
Bagi teman teman yang menginginkan file mutasi, mohon dukungan baliknya untuk FOLLOW blog ini.

Back To Top