Blog Berita & Cerita | Mutasi Kerja | Peluang Usaha

Gamelan Jawa, Kondisimu dahulu dan sekarang

gamelan_java_heritage

Sore yang lumayan cerah itu membuatku merasa nyaman untuk menyusuri jalan jalan di daerah Sukoharjo, sebuah Kabupaten kecil di Jawa Tengah. Sampai akhirnya aku tiba di daerah sekitar Mojolaban. Waktu berhenti di sebuah lampu merah, tak sengaja aku melihat beberapa alat gamelan yang di bawa menggunakan mobil. Gamelan tersebut tampak masih baru. Aku jadi teringat bertahun tahun yang lalu, waktu aku masih kecil, di rumah kakekku juga mempunyai gamelan yang lengkap dan sering dimainkan oleh bapak pabak di kampung, di daerah Baki, Sukoharjo.

Aku  memang jarang berkeliling di Sukoharjo ini. Mungkin karena bukan Calon Legislaif..? hehe. Aku lebih banyak menghabiskan waktu di Solo. Bersekolah, bekerja juga di solo. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir aku malah pergi merantau jauh di luar kota. Tapi Alhamdulillah kini akhirnya bisa kembali ke daerah asalku ini. Oke, kita lanjutkan ya. Sampai di daerah ini, akau menyempatkan mampir ke salah satu teman ang kebetulan rumahnya tidak jauh dari lokasi ku berada.

Setelah ngobrol lumayan lama, akhirnya aku tahu bahwa di daerah Sukoharjo ini, tepatnya di Wirun, Mojolaban  memang merupakan sentra atau kerajinan gamelan. Bahkan sudah banyak yang di kirim ke luar negeri gamelan dari Wirun ini. Oalah, pikirku gamelan itu dari Solo, ternyata solo juga mendapatkan dari Sukoharjo. hehe. Ternyata hebat juga ya orang disini, mampu melestarikan salah satu peninggalan kebudayaan langka dengan terus memproduksinya. padahal jaman semakin canggih, demikian juga tentunya dengan produk alat musik digital. Aku jadi teringat lagi kenangan waktu kecil, saat dirumah  kakek. melihat orang menabuh gamelan  hampir seminggu 2 kali.

Kalau kita definisikan gamelan menurut wiki, Bahwa Gamelan Jawa adlh ensembel musik yg biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, serta gong. Musik yg tercipta pada Gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong dan alat musik Jawa lainnya. Irama musik umumnya lembut dan mencerminkan keselarasan hidup, sebagaimana prinsip hidup yang dianut pada umumnya oleh masyarakat Jawa.

Aku sempatkan mengingat dan juga bertanya. dan ternyata ragam gamelan banyak lo Sobat. Sekarang, kita coba tulis disini ya. Berikut adalah Instrumen yang terdapat pada Gamelan Jawa:
  1. Kendang
  2. Bonang
  3. Bonang Penerus
  4. Demung
  5. Saron
  6. Peking (Gamelan)
  7. Kenong & Kethuk
  8. Slenthem
  9. Gender
  10. Gong
  11. Gambang
  12. Rebab
  13. Siter
  14. Suling
  15. Kempul

Dulu waktu aku masih kecil, aku sering melihat, bahkan di tempat kakekku sendiri yang rumahnya didekat rumah yang aku tempati sekarang sering aku dengar dan lihat, banyak yang menabuh gamelan minimal setiap 2 kali seminggu. Tapi kini, ternyata sudah tidak ada lagi. Anak muda sudah langka yang menyukai gamelan, karena lebih menyukai alat musik digital dan alat modern lainnya. Jika begini terus, maka lambat laun kita hanya akan mampu memproduksi tanpa memainkan.
Sudah dulu ya, coretannya.waktunya pulang, mumpung hari masih cerah. hehe
Tag : Hiburan
0 Komentar untuk "Gamelan Jawa, Kondisimu dahulu dan sekarang"

Terimakasih telah berkunjung ke Cithka.
Bagi teman teman yang menginginkan file mutasi, mohon dukungan baliknya untuk FOLLOW blog ini.

Back To Top