Blog Berita & Cerita | Mutasi Kerja | Peluang Usaha

Kopi Kopi... Banyak juga kegunaannya

Tulisan ini mungkin bakalan menjadi alasan pembenaran bagi yang terlanjur kecanduan kopi. Kopi tidak hanya mencegah rasa kantuk datang, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Karena berdasarkan penelitian terbaru, kopi bisa mengurangi resiko terkena kanker usus besar.

manfaat kopi untuk kesehatan
Kesimpulan tersebut diambil setelah para peneliti mempelajari konsumsi kopi pada sekitar 8.500 orang di Israel, termasuk di antaranya 5.000 penderita kanker kolorektal dan 3.500 orang yang tidak menderita kanker. Dimana mereka rata-rata minum kurang dari dua cangkir kopi sehari.

Hasil studi memperlihatkan, risiko kanker kolorektal pada peminum kopi 30 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Dan makin banyak orang minum kopi, risiko menderita penyakit ini tampaknya cenderung lebih rendah, kata para peneliti.

Dibandingkan dengan risiko orang yang minum kopi kurang dari secangkir per hari, kemungkinan menderita kanker kolorektal pada orang yang minum satu sampai dua gelas per hari 22 persen lebih rendah.

Sementara risiko kanker kolorektal pada orang yang minum dua sampai 2,5 cangkir kopi per hari 44 persen lebih rendah dan peminum lebih dari 2,5 cangkir kopi risikonya 59 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang minum kurang dari satu cangkir kopi dalam sehari.

Temuan itu didapat setelah para peneliti memasukkan sejumlah faktor yang mempengaruhi risiko kanker kolorektal seperti usia, jenis kelamin, konsumsi sayuran dan konsumsi obat (aspirin).

" Meski masih terlalu dini untuk merekomendasikan minum kopi untuk menurunkan risiko kanker kolorektal, tapi hasil penelitian itu mengarah ke sana," kata peneliti dari Norris Comprehensive Cancer Center di University of Southern Californ.

Ada saran lagi sebelum langsung bikin kopi, konsultasikan dulu kesehatan anda ke dokter, jika ada kemungkinan yang tidak di inginkan jika mengonsumsi kopi.

Sumber: www.jpnn.com/read/2014/04/10/227554/Minum-Kopi-Bisa-Kurangi-Risiko-Kanker-Usus-
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Kopi Kopi... Banyak juga kegunaannya"

Terimakasih telah berkunjung ke Cithka.
Bagi teman teman yang menginginkan file mutasi, mohon dukungan baliknya untuk FOLLOW blog ini.

Back To Top