Blog Berita & Cerita | Mutasi Kerja | Peluang Usaha

Ular Gadung Luwuk ini berbisa dan berbahaya

Sore kemarin, kebetulan saat sedang membantu saudara yang punya 'gawe' saya di kejutkan dengan dengan 'penampakan' seekor ular yang sebetulnya 'indah' jika dilihat. Waktu itu saya dan teman sedang mengambil kayu bakar yang akan di gunakan untuk memasak. Biasalah di desa, masih menggunakan kayu bakar jika ada orang yang punya hajat. Diantara tumpukan kayu bakar di belakang rumah, tampak teronggok seekor ular berwarna hijau cerah, panjang sekitar 1 meter, mempunyai bentuk mulut seperti cakil (dalam pewayangan) sedangkan di ekornya mempunyai warna mencolok yaitu merah.


Ular Gadung Luwuk dengan nama latin Trimeresurus albolabris ini konon menurut orang orang di tempat saya, kemunculannya kebanyakan pada saat sudah siap berbiak. Perlu di ketahui, bahwa ular Gadung Luwuk ini berkembang biak secara ovovivipar, yaitu telur-telurnya menetas sewaktu masih dalam perut dan keluar sebagai anak-anak ular, hingga seakan  melahirkan. Anaknya bisa mencapai lebih dari 25 ekor sekali ‘bersalin’. Kebanyakan jika ular ini sudah siap bersalin, maka seakan 'mencari mati' dengan sengaja 'menampakkan' dirinya ke manusia. Jika di bunuh, maka 'bayi bayi' dalam perut ular akan keluar sebagai ular ulara kecil dan menjadi besar. Hingga kebanyakan orang membakar ular ini setelah membunuhnya, agar calon ular ular kecil yang masih di dalam juga ikut mati. Jika hanya dibuang di sungai, maka perut ular yang sudah mati akan terburai dan keluar ular ular kecil lagi, begitu pula jika hanya di buang di kebun.

Ular ini juga dikenal dengan nama-nama lain seperti oray bungkaoray majapait (Sd.), ula bangka-laut atau ula gadung luwuk (Jw.), ulah sanggit (Lombok), tarihu (Dompu), dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris disebut dengan nama white-lipped tree viper, white-lipped pit-viper, merujuk pada bibirnya yang berwarna keputih-putihan, atau bamboo pit-viper karena kebiasaannya berada di rumpun bambu.


Konon ular ini berbahaya dan bisanya sangat mematikan. Maka berhati hatilah jika berada di semak semak, pepohonan atau tumpukan tumpukan kayu, karena ular ini suka berdiam di situ. Saya sendiri sempat merinding sewaktu menyaksikan wujud dari ular ini. Dari bentuknya saja tersirat bahwa ular ini punya bisa yang mempunyai kekuatan hebat yang mematikan.

Bisa ular mempunyai sifat hemotoksin, yakni merusak sistem peredaran darah. Menimbulkan rasa sakit yg hebat, serta kerusakan jaringan di sekitar luka gigitan. Di menit-menit awal sesudah gigitan, jaringan akan membengkak dan sebagian akan berwarna merah gelap, pertanda terjadi perdarahan di bawah kulit di sekitar luka. Kemudian terjadi pembengkakan, rasa kaku dan nyeri yg makin meluas perlahan-lahan ke seluruh bagian anggota yang tergigit. Rasa nyeri terasa terutama pada persendian antara luka dan jantung. Apabila tidak ditangani dengan baik, perdarahan internal dapat menyusul terjadi hingga dapat membawa kematian.
sumber: id.wikipedia.org/wiki/Ular_bangkai_laut
Tag : Unik
7 Komentar untuk "Ular Gadung Luwuk ini berbisa dan berbahaya"

kemarin malam ketemu ular ini tak kira ular janur yang warna juga hijau. thanks infonya.

apakah itu ular yang ada bintik2 kuning ya? Yg kutau ciri khasnya ular hijau buntut merah

Saya habis digigit ular ini cuma bengkak dan kepala pusing selama 2 minggu.saya kira ular janur

Tadi rumahku di maduki ular ini tapi alhamdulillah saya sudah membakarnya.
Makasih infonya

Hati hati Sis..
Saya yang kebetulan jaga di IGD seringkali kedatangan pasien yang kena gigitan ular gadung Luwuk ini, sampai harus diopname segala.
Makasih juga atas kunjungannya.

Terimakasih telah berkunjung ke Cithka.
Bagi teman teman yang menginginkan file mutasi, mohon dukungan baliknya untuk FOLLOW blog ini.

Back To Top