Blog Berita & Cerita | Mutasi Kerja | Peluang Usaha

Gambaran tingkat kepuasan pasien tentang pelayanan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Sukoharjo

skripsi keperawatn kesehatan

Cithika. Masa perkuliahan di S1 Keperawatan UMS Surakarta memang sudah sampai akhir, saatnya sekarang fokus untuk masuk di program profesi Ners. dan karena memang sudah satu paket, saya akhirnya melanjutkan untuk mengikuti progam profesi ners di ums juga, walaupun untuk kelas rumah sakit di angkatan XVI tidak diadakan, hingga akhirnya ikut aja yang kelas reguler.

Judul di atasa adalah Skripsi yang sudah saya selesaikan, sebagai syarat untuk menyelesaikan studi di S1 Keperawatan UMS. Sengaja sedikit saya tuliskan di Blog ini sebagai pengingat, dan mungkin saja bisa bermanfaat bagi siapa saja yang kebetulan akan mengadakan penelitian yang 'sejenis' dengan penelitian yang saya lakukan.


Gambaran tingkat kepuasan Pasien tentang pelayanan 
di instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Sukoharjo

Hagus Wiyono*
Sulastri, SKp., M.Kes **
Enita Dewi, S.Kep., Ns., MN **

Abstrak
Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan salah satu lini utama sebagai jalan masuknya pasien, untuk kemudian dilakukan triage dan diberikan pertolongan. penanganan pasien gawat darurat di instalasi gawat darurat ada filosofinya yaitu Time Saving is Life Saving artinya bahwa semua tindakan yang dilakukan pada saat kondisi gawat darurat haruslah benar-benar efektif serta efisien. Hal ini dikarenakan bahwa pasien dapat kehilangan nyawa hanya dalam hitungan menit saja. Karakteristik pekerjaan perawat IGD menyebabkan seringkali perawat lebih memperhatikan proses penyelamatan pasien dibandingkan interaksi dengan pasien dan keluarga pasien, sehingga memungkinkan persepsi pasien atau  keluarga pasien terhadap pelayanan perawat menjadi kurang baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien tentang pelayanan di di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sample penelitian adalah pengunjung IGD RSUD Sukoharjo yakni sebanyak 100 responden dengan teknik Accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dianalisis menggunakan uji importance performance analysis (IPA) dan uji kesenjangan/gap. Hasil penelitian  (1) tingkat kenyataan pasien sebagian besar adalah puas, (2) tingkat harapan pasien sebagian besar adalah sangat puas, (3) dimensi pelayanan yang harus ditingkatkan dalam peningkatan pelayanan di IGD RSUD Sukoharjo adalah perawat memberikan informasi sebelum pelayanan, pasien menyapa dengan ramah, perawat mendengar keluhan pasien, perawat bersikap sabar dalam memberikan penyuluhan, perawat bersikap sabar dalam memberikan pelayanan, perawat berpenampilan rapi dan menarik dalam memberikan penyuluhan. Kesimpulan:  tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan perawat di IGD RSUD Sukoharjo adalah sedang yaitu pada dimensi daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), dan berwujud (tangible), dan empati (empathy), sedangkan pada dimensi keandalan (reliability) adalah sangat puas.

Kata kunci: tingkat kepuasan, pasien, Instalasi Gawat Darurat


Untuk file asli silahkan kunjungi library UMS Ska,dengan klik DISINI

Jika kiranya ada yang perlu di tanyakan berhubungan dengan penelitian saya, silahkan komen dengan kolom komentar dibawah, ataupun langsung menanyakan lewat ke email saya hawebk@gmail.com 

Semoga bermanfaat.
Tag : Kampus
0 Komentar untuk "Gambaran tingkat kepuasan pasien tentang pelayanan di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Sukoharjo"

Terimakasih telah berkunjung ke Cithka.
Bagi teman teman yang menginginkan file mutasi, mohon dukungan baliknya untuk FOLLOW blog ini.

Back To Top