Blog Berita & Cerita | Mutasi Kerja | Peluang Usaha

Cara mudah melepaskan gigitan Pacet atau lintah

Lintah Pacet cara lepas gigitan

Cithika. Sahabat cithika dimana saja berada, khususnya yang sering melakukan kegiatan pecinta alam seperti jelajah alam, mendaki gunung, wisata air, pastinya pernah mendengar bahkan menemui yang namanya lintah ataupun pacet. Lintah ataupun pacet dasarnya adalah sama, hanya koloni atau tempat habitat mereka saja yang membedakan penamaan.

Lintah sering dijumpai di lingkungan berair, seperti sungai, sekitaran air terjun, dll. Sedangkan Pacet lebih banyak dijumpai dan menempel di pepohonan, daun daun, dan lingkungan yang tidak ada airnya. Keduanya sama sama binatang karnivora, dan suka menghisap darah. Lintah yg berukuran kecil, sebesar kelingking bisa berubah dan elastis untuk menampung darah hingga sampai berukuran sekepalan tangan orang dewasa.

Lintah atau pacet menyerang korbannya dgn menggunakan alat penghisap bagian depan, melukai dan menghisap darahnya. Pacet penghisap darah menghasilkan suatu cairan yang mampu mencegah terjadinya penggumpalan dan pengeringan darah sehingga mempermudah penghisapan

Ada tips sederhana untuk melepaskan lintah yang menghisap darah kita, agar dengan 'sukarela' lintah mau melepaskan gigitannya. Ini pernah kami lakukan saat melakukan kegiatan di Sekipan, Tawangmangu.

Saat kita terkena 'gigitan' lintah. Jangan panik dengan langsung melepaskannya. Ambillah tembakau, atau rokok, atau puntung rokok. Jika dekat dengan air, silahkan basahi tembakau atau puntung rokok tersebut. Kemudian peras dan arahkan pada moncong lintah yang menempel di bagian tubuh kita, niscaya lintah akan sukarela melepaskan hisapannya. Jika tersedia garam, bisa pula kita gunakan garam untuk melepaskan gigitan/hisapan lintah tersebut.


Tag : Tips
0 Komentar untuk "Cara mudah melepaskan gigitan Pacet atau lintah"

Terimakasih telah berkunjung ke Cithka.
Bagi teman teman yang menginginkan file mutasi, mohon dukungan baliknya untuk FOLLOW blog ini.

Back To Top