Blog Berita & Cerita | Mutasi Kerja | Peluang Usaha

Memilih Ngeblog di Blogspot atau Wordpress?

bagussss Blogger atau Wordpress yaaaa...

Cithika. Seseorang dengan aktivitas ngeblog, baik pemula atau pemain lama (terutama pemula) pasti akan merasakan hal ini. Bingung saat harus fokus ke salah satu plafform blog.

Salah satu hal yang mungkin menjadi penyebabnya adalah karena begitu banyak refferensi yang dibaca, tentang kelebihan kekurangan  dan wordpress, refferensi berita yang mengatakan bahwa banyak blog berita plafform blogspot yang dihapus dari google dst.

Sedangkan wordpress menawarkan kebebasan yang ternyata berbayar dan terbatas kuota penyimpanan file. Mungkin kalau disuruh memilih, para blogger ingin yang bebas, unlimited, tidak berbayar dan tidak berbatas waktu sewa 😁😁

Saya sendiri juga pernah ngalamin ganti-ganti plafform blog, sebentar pakai blogspot, tak lama kemudian pindah ke wordpress. Begitu dan sebaliknya, pindah dan gak konsisten. sehingga postingan malah gak keurus.

Beberapa hal berkenan tentang Blogspot (blogger) dan Wordpress, menurut saya adalah:
  1. Blogspot adalah gratis, itu tidak bisa dipungkiri. 100% gratis. Sekali kita mendaftar dan membuat blog, baik dengan ekstensi blogspot.com atau dengan domain TLD sama sama gratis. Kita hanya memikirkan perpanjangan sewa domain per tahunnya. Sedangkan urusan hosting sudah disediakan oleh google, dengan tentunya memperhatikan kebijakan google serta tidak melanggar TOS, kita tidak memiliki kontrol penuh, karena ada keterbatasan di blogspot.
  2. Wordpress. Ini yang bikin para peblogger galau, karena tidak bisa disangkal bahwa wordpress adalah mesin CMS terbaik yang sangat powerfull, baik dari tampilan karena stok theme yang melimpah, plugin yang ribuan macamnya, serta tehnik optimasi yang sangat lengkap, memiliki kontrol penuh. Satu lagi bahwa hampir para senior, mastah yang sudah malang melintang lama di dunia blogger menggunakannya, walaupun awalnya mereka sebetulnya mainnya di blogspot juga. Tapi ini tentu saja tidak gratis kawan.!! Ada harga yang harus dibayarkan untuk sewa hosting sebagai tempat instalasi CMS wordpress. Walaupun memang ada penyedia layanan hosting macam idhostinger yang menggratiskan tapi secara keseluruhan layanan untuk menggunakan plafform wordpress adalah berbayar. Kesimpulannya, kita akan memikirkan 2 kali pembayaran, yakni sewa nama domain dan sewa hosting.
  3. Tipikal blogger pemula (macam saya). Jelas sudah saya singgung di awal postingan ini, kalau blogger pemula itu ibaratnya ABG yang labil, saat berkunjung ke blog plafform wordpress yang cantik tampilannya, kita langsung jatuh hati, dan malah lupa memepercantik blog sendiri, hingga akhirnya mencoba mengaplikasikan plafform wordpress idaman ke blog kita, alhasil ganti ke wordpress. Nah saat di wordpress sekian lama, ternyata tak ada sesuatu pun yang kita hasilkan dari aktivitas ngeblog, padahal kita musti bayar biaya sewanya, kita jadi bingung lagi, dan berandai andai misalnya masih di blogspot gratis, dan bla.bla..Bla.. akhirnya pindah lagi deh, berbarengan dengan 'hancurnya' semua optimasi yang telah kita upayakan di blog tersebut. Nah sayang kan.? 

Bersambung......
Tag : Blogging
0 Komentar untuk "Memilih Ngeblog di Blogspot atau Wordpress?"

Terimakasih telah berkunjung ke Cithka.
Bagi teman teman yang menginginkan file mutasi, mohon dukungan baliknya untuk FOLLOW blog ini.

Back To Top