Blog Berita & Cerita | Mutasi Kerja | Peluang Usaha

P3K pada aki motor-mobil yang soak

solusi aki mobil soak bodrex
Cithika. Aki merupakan komponen vital pada sebuah kendaraan roda 4 (mobil), disamping komponen penghasil listrik lainnya, seperti alternator atau dinamo amper. Jika anda menjumpai mobil sulit dihidupkan atau malahan tidak bisa sama sekali, kemungkinan aki mobil anda telah drop. Hal ini mungkin saja disebabkan karena mobil lama tidak kepakai serta tidak dipanasi secara rutin.

Aki mobil yang masih bermasalah setelah dilakukan charger adalah tanda tanda bahwa aki telah 'lelah'. Jika anda yakin bahwa komponen lainnya seperti dinamo amper baik baik saja, ada baiknya coba cara yang saya lakukan ini, sebelum ke toko aki untuk menggantinya dengan yang baru. Terbukti manjur pada aki Great Corolla saya yang sebelumnya di vonis oleh tukang aki bahwa harus ganti aki baru.

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk penanganan pertama (P3K) pada aki yang telah divonis soal oleh tukang aki adalah:
  1. Aki 
  2. Soda api padat
  3. Bodrex tablet 6 biji
  4. Air panas secukupnya
  5. Avometer untuk mengetes sel aki.

Langkah kerja P3K aki yang soak:
  1. Aki kita buka tutupnya, sebelumnya pastikan bahwa seluruh sel sel aki masih baik, dengan melakukan pengukuran setiap sel aki. Cara sederhana adalah ukurlah voltase aki sel per selnya dengan menggunakan Avometer. Normalnya adalah sekitar 2 Volt. Jika nol berarti sel aki bermasalah atau putus. Jika kurang sedikit gpp.
  2. Setelah selesai dan dipastikan sel aki masih normal, sekarang saatnya melakukan pembersihan dalam aki. Pertama buang seluruh cairan dalam aki. Setelah bersih, masukkan soda api padat kedalam setiap bagian sel aki, lalu masukkan air panas kedalamnya
  3. Tunggu selama lebih kurang 5 menit, lalu kocoklah aki yang sudah terisi air panas dan soda api tadi, dilanjutkan buang seluruh cairan aki. Biasanya warnanya hitam hitam kotor.
  4. Tuangkan air panas lagi kedalam aki, kocoklah aki lalu buang cairan aki ketempat yang aman. Ulangi langkah sampai aki bersih. Pengalaman pribadi saya, sampai 5 kali. Setelah bersih, keringkan dengan cara meletakkan terbalik selama beberapa lamanya.
  5. Setelah bersih, ambil Bodrex (obat sakit kepala) harus/haluskan, masukkan kedalam setiap sel aki satu biji bodrex. Total ada 6 biji  bodrex yang dibutuhkan.
  6. Setelah terisi semua dengan Bodrex, lalu tuangkan Aki Zuur. Jangan salah ya? pakai AKI ZUUR, karena ini pengisian pertama setelah di kuras tadi.
  7. Silahkan bawa ketukan Charger/Stroom Aki. Setelah selesai aki siap di gunakan. Jika tidak ada masalah di Altenator/ Dinamo pengisian Aki, insyallah aki akan bisa digunakan kembali.
Selamat Mencoba...!!!!!
Tag : Mobil, Motor, Otomotif
0 Komentar untuk "P3K pada aki motor-mobil yang soak"

Terimakasih telah berkunjung ke Cithka.
Bagi teman teman yang menginginkan file mutasi, mohon dukungan baliknya untuk FOLLOW blog ini.

Back To Top